Selasa, 15 Mei 2012

Menganalisa Teknik

Menganalisa teknik memang susah2 gampang. Ayam yg kita nilai punya teknik bagus, ternyata masih kalah juga di kalangan.
Sampai sekarang-pun sy masih berusaha mencetak ayam unggulan dgn teknik yg sempurna. Tapi memang sulit sekali.
Sekedar sharing, mohon maaf kalau ada kesalahan.

Kebanyakan orang sangat suka ayam dgn teknik 'lock' yg indah. Ayam dgn teknik ini biasanya dianggap sbg ayam bagus. Tapi kenyataannya, banyak juga ayam dgn type ini yg kalah di pertarungan.
Kalau dari pengamatan saya, seharusnya kita jangan terjebak dgn 'keindahan' teknik semata. Pada prinsipnya, ayam dgn teknik bagus itu adlh ayam yg sulit dipukul. Gaya mengunci (ngalung) memang salah satu yg sulit dipukul. Tapi sebenarnya masih ada teknik lain yg sama2 sulit dipukul. Misalnya, ayam lari, ayam dibawah janggut, ayam ngendul, mendorong, ayam asor rapat ke tanah, dll. Ayam2 dgn gaya selain teknik ngalung memang kurang indah dilihat. Tapi cukup efektif juga utk meraih kemenangan.

Sebelum menganalisa teknik. Ada baiknya kita memahami prinsip2nya dulu.
Setiap individu yg bertarung harus memiliki pertahanan dan penyerangan yg baik. Teknik/gaya tarung ayam itu adalah sebuah pertahanan (defense), yaitu gaya atau cara ayam laga bertarung agar sulit dipukul musuh. Sementara utk serangan (offense), adlh pukulan yg akurat dan mematikan.
Untuk meraih kemenangan, maka ayam harus punya pukulan yg baik. Dilain sisi, utk menghindari kekalahan, ayam harus punya teknik yg sulit dipukul. Jadi keduanya harus dimiliki seekor ayam petarung andalan.
Kalau kita perhatikan, ayam yg hanya memiliki serangan yg baik (pukulan) tanpa didukung pertahanan (teknik) biasanya menang dgn babak belur (mudah dipukul/diserang). Sementara ayam yg hanya mengandalkan teknik, sangat sulit utk menang meskipun sulit juga dikalahkan (sulit dipukul, tapi sulit juga memukul).

Jadi kesimpulannya, setiap ayam yg kalah atau seri harus dianalisa dulu. Apakah terlalu mudah dipukul (pertahanan/teknik kurang baik) atau daya serangnya yg buruk (pukulan kurang bagus).

Ayam yg terlalu gesit dgn teknik selalu rapat mendorong dan leher nge'lock' tajam, kebanyakan akan 'mati angin' ketika melawan ayam2 type bawah. Ini karena 'lock' yg terlalu tajam disertai dgn dorongan. Kebanyakan akan terlewat leher musuh yg berada dibawahnya. Rata2 ayam type ini tidak memiliki pukulan depan yg cepat krn ia cenderung ingin masuk. Pukulan depan yg lambat inilah titik kelemahannya (pertahanan terbuka lebar) terutama ketika ayam mulai lelah setelah menginjak ronde ke 3.

Ayam type bawah (ngoyor) juga belum tentu jelek. Ada ayam ngoyor yg rapat ketanah dan selalu 'mendul' jika dipatuk musuh. Akibatnya, pukulan tidak tepat mengena. Menurut saya yg terbaik adlh penilaian dari kita sendiri ttg membaca teknik musuh ketika memilih tanding. Tapi sebelumnya, kita harus tahu dulu dimana kelemahan ayam kita dan musuh seperti apa yg sekiranya bisa dgn mudah 'dimakan'.

Kalo saya pribadi punya teknik favorit yaitu :
1. Teknik Kuda lari ( marathon ).
Teknik ayam kontrol atas bawah jika dalam posisi terdesak lari keliling arena sambil balik cepat pukul mranggal lawan yang dalam posisi belum siap (ayam lebih bagus dengan pasangan jalu yang baik dan jalon)..
2. Teknik ayam Undur2.
Teknik ayam kontrol atas tapi tidak suka tumpang leher dan lebih senang pukul mranggal tanpa matuk, jika didorong lawan mundur sambil tarik dasi mukul salang/kepala lawan ( ayam pakai jalu lebih baik ).... 
3. Teknik Brakot.
Teknik ayam kontrol atas bawah, jika saling kunci bisa ngambil pukulan ke badan / salang dengan pegangan punggung lawan ( mbrakot )...

Untuk teknik ngelock/superlock saya tidak terlalu suka karena ayam tipe ini membosankan/terlalu lama penyelesaiannya...kecenderungan ayam tipe superlock tidak mempunyai pukulan berat,kalo yang rajin mukul lebih banyak pukulannya tipis2 kalo yang punya pukulan berat malahan jarang mukul tapi lebih sering " main2 " sekalipun lawan sudah payah ( finishing touch nya lambat....)...keuntungan ayam tipe ini adalah kalo harus kalah maka lawan membutuhkan waktu yang lama untuk mengalahkannya...sedangkan kekurangannya untuk mencapai kemenangan ayam tipe ini juga cenderung membutuhkan waktu lebih lama ( rata2 3 air keatas )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar